Kamis, 28 April 2016

Parangijo, Surga di Lereng Gunung Lawu

Gunung Lawu merupakan salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 3265 meter di atas permukaan laut (mdpl) terletak di perbatasan antara dua provinsi yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung Lawu bagaikan  benteng pembatas alami antara Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah dengan Kabupaten Magetan Jawa Timur.

Sekitar Gunung Lawu merupakan lahan pertanian yang subur karena tanahnya merupakan tanah vulkanis akibat dari letusan Gunung Lawu tahun 1885. Banyak masyarakat yang tinggal di daerah sekitar lereng Gunung Lawu berprofesi sebagai petani sayur dan buah.

Disamping lahan yang subur, lereng Gunung Lawu juga menyimpan sejuta keindahan alam yang tiada tara, saya menyebutnya seperti surga yang ada di lereng Gunung Lawu. Salah satunya Air Terjun Parangijo.
Air Terjun Parangijo
Air Terjun Parangijo memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan terletak di Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Lokasinya juga berdekatan dengan beberapa tempat wisata lain di Kecamatan Ngargoyoso, seperti Candi Cetho, Candi Sukuh, Air Terjun Jumog dan Perkebunan Teh Kemuning. Meskipun pamor Air Terjun Parangijo tidak sementereng Grojogan Sewu dan Air Terjun Jumog. Akan tetapi, keindahan dan suasana alam di sekitar Air Terjun Parangijo tidak kalah indah dengan Grojogan Sewu dan Air Terjun Jumog.

Bagaimana akses menuju tempat wisata Air terjun Parangijo?

Untuk menuju lokasi Air terjun Parangijo cukup mudah. Kita bisa menggunakan mobil atau sepeda motor untuk mencapai lokasi. Bila kita dari Kota Karanganyar hanya akan memakan waktu 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Akan tetapi bila anda melakukan perjalanan dari Kota Surakarta, akan memakan waktu ± 60 menit atau satu jam.

Dari Kota Karanganyar kita harus berkendara ke arah timur menuju Tawangmangu melalui Jalur Karangpandan. Setelah melewati Terminal Karangpandan sekitar 100 meter kita akan mendapati gapura di sisi kiri jalan yang bertuliskan “Kawasan Wisata Sukuh Cetho” masuk dan ikuti jalan beraspal ± sejauh 5 km hingga tiba di pos pemungutan retribusi.
gMaps
gMaps
Dari pos pemungutan retribusi teruslah berkendara sejauh ± 2 km mengikuti jalan beraspal sampai tiba di pertigaan Nglorok kemudian belok ke kiri menuju arah Ngargoyoso. Setelah belok ke kiri, tak jauh ada jalan bercabang kemudian kita mengambil jalur ke kanan sesuai petunjuk arah menuju Air Terjun Parangijo. Tak jauh, hanya sekitar ± 1 km menyusuri jalan perkampungan kita sudah tiba di lokasi wisata Air Terjun Parangijo.
gMaps
Karena konturnya dataran tinggi, kita wajib berhati-hati saat mengendarai mobil maupun sepeda motor menuju lokasi air terjun sebab jalan yang harus kita lewati adalah jalan menanjak dan berkelok. Maka dari itu, sangat membutuhkan konsentrasi penuh.

Berapa harga tiket masuk Air Terjun Parangijo?

Setelah sampai lokasi kita diwajibkan membayar retribusi tiket masuk sebesar Rp 5.000 tiap orang. Dari loket kita hanya butuh berjalan 5 menit menyusuri jalan setapak dan melewati beberapa anak tangga untuk menuju air terjun. Di sepanjang jalan akses masuk menuju Air Terjun Parangijo kita dapat menikmati pemandangan alam yang sangat memanjakan mata dan hawa pegunungan yang dingin dan sejuk dengan suhu kisaran 10-15 derajat celcius. Sangat pas untuk me-refresh ­pikiran kita, melepas penat dan melupakan sejenak problema keseharian kita. 

Bagaimana dengan fasilitas di Air Terjun Parangijo?

Fasilitas di tempat wisata ini cukup komplit dan menarik. Ada tempat ibadah, tempat bermain, toilet dan warung makan. Bahkan ada pula flying fox, jika ingin sedikit menantang nyali dan gardu pandang. Ada juga kolam renang untuk anak-anak bila ingin berenang. Tentunya karena terletak di dataran tinggi air kolam renang pasti akan sangat dingin.
sumber google
Perjalanan yang sangat menegangkan dan memakan waktu yang tak sedikit akan terbayar lunas setelah kita tiba di Air Terjun Parangijo karena disuguhi pemandangan alam sekitar yang indah dan segar. Sungguh salah satu surga di lereng Gunung Lawu. 
This entry was posted in

7 komentar:

  1. mampir juga di blogku ya https://sebuahkisahperjalananhidupku.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Kapan? Kapanpun bisa, yang penting waktunya longgar, main ke Karanganyar

      Hapus
  3. KABAR BAIK

    Apakah Anda Perlu kredit ekonomi yang mendesak?
    Sangat cepat dan langsung transfer ke rekening bank Anda
    Pelunasan dimulai delapan bulan setelah Anda mendapatkan uang Anda
    sebuah rekening bank
    suku bunga rendah dari 2%
    pembayaran jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    persyaratan pinjaman yang fleksibel dan biaya bulanan
    Berapa lama waktu yang dibiayai? Setelah Anda mengirimkan aplikasi pinjaman Anda,
    Anda dapat mengharapkan jawaban awal kurang dari 24 jam
    dari keuangan 72-96 jam setelah menerima informasi yang mereka butuhkan
    darimu. Hubungi perusahaan yang sah dan berlisensi ini berwenang untuk memberikan dukungan keuangan untuk Semua
    Kami menawarkan pinjaman mulai dari 5,000.00 ke 250,000,000.00. Max, Kami juga mengeluarkan pinjaman dalam Euro, THB-Thai Baht, Sterling dan nilai tukar Dollar adalah 2% dari semua pinjaman
    Terima kasih dan Tuhan memberkati.
    jika Anda tertarik kembali ke kita melalui ...
    Email: Mariatobarloanfirm@gmail.com

    BalasHapus