Minggu, 24 April 2016

Harapan terhadap Transportasi di Hari Angkutan Nasional





sumber google

Angkutan berasal dari kata dasar angkut dan ditambahi akhiran -an yang dapat diartikan sebagai sesuatu yang digunakan untuk mengangkut. Angkutan umum merupakan unsur yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Sejak jaman dahulu angkutan umum telah digunakan untuk perpindahan barang dan jasa.


Dalam mendukung mobilitas manusia dari sejak jaman dulu kala hingga saat ini, angkutan umum dari hari ke hari terus berkembang dan semakin mengikuti kemajuan jaman. Dari tradisional hingga modern, dari angkutan darat, laut hingga udara semakin berkembang.

Kalau dulu kita mengenal andong, pedati, becak dan lain sebagainya yang menggunakan tenaga hewan dan manusia. Sekarang seiring perkembangan jaman tenaga hewan dan manusia telah diganti menggunakan tenaga mesin. Walaupun masih ada sebagian yang tetap mempertahankan angkutan tradisional.

Sebagai alat transportasi yang sangat berpengaruh dan sering kita gunakan sehari-hari, tentu kita memiliki harapan dapat memanfaatkan jasa angkutan umum secara maksimal dengan rasa aman dan nyaman tanpa timbul rasa was-was. Oleh sebab itu, semakin berkembangnya jaman ke arah kemoderenitasan harus diikuti dengan semakin meningkatnya kualitas angkutan umum.

Kita bersyukur sebagai masyarakat Indonesia, dapat menikmati fasilitas angkutan umum yang memadai. Peran pengusaha angkutan umum perseorangan dan pemerintah sangat terasa dalam meningkatkan kualitas layanan angkutan bagi publik.

Bisa kita bandingkan layanan angkutan umum dahulu dengan angkutan umum saat ini. Dulu kita dapati bus-bus tak terawat, tidak berpendingin udara, dan interior yang usang, tetapi sekarang bus-bus telah berbenah terawat, nyaman, berpendingin udara, dan interior yang bagus.

sumber google

Kereta api dahulu terlihat semrawut, sering ada pedagang asongan di gerbong, tidak berpendingin udara dan interior yang buluk. Sekarang, telah berubah 180 derajat, sekarang menjadi nyaman, teratur pelayanannya, tidak ada pedagang asongan di gerbong-gerbong, dan telah berpendingin udara serta dilengkapi interior yang bagus.


sumber google
Kapal sebagai alat transportasi penyeberanganpun juga semakin baik sekarang menurut saya. *meskipun baru sekali naik kapal, menyeberang dari Pelabuhan Gilimanuk-Ketapang,hehe.
sumber google

Apalagi transportasi udara, pelayanan dan fasilitas di bandara sangat baik. Dari ruang tunggu, pelayanan keamanan dari otoritas bandara dan pelayanan dari berbagai maskapai terkait dalam memberi service kepada penumpang patut diacungi jempol.

sumber google

Disamping pelayanan yang semakin memadai dan baik yang diberikan oleh setiap alat transportasi, keselamatan penumpang haruslah dijadikan prioritas utamaMaka dari itu, di Hari Angkutan Nasional yang jatuh tanggal setiap 24 April, tentulah kita berharap agar semakin berkurangnya angka kecelakaan angkutan penumpang karena kesalahan baik teknis maupun human error, semakin diperketatnya regulasi bagi setiap angkutan sesuai dengan standar baku keselamatan, dan semakin baik setiap alat transportasi yang ada di negara kita serta semakin mengedepankan keselamatan setiap orang. Selamat Hari Angkutan Nasional.

This entry was posted in

9 komentar:

  1. Wih. Keren banget templatenya. Btw, aku sampe lupa hari ini hari transportasi. Masih sakit tetep produktif. Kece!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbakyu Ardiba, berkah anak soleh, jadi dapet kemudahan bertubi-tubi, hahaha colek mbak Atanasia rian

      Hapus
  2. Hihi lali nek hari transportasi, untung numpak bis ya kowe. hahaha
    Semangat ngeblog dek, semangat belajar terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, iya mbakyu, ak pulang naik bus jurusan Surabaya-nan, bus e nyaman, interior oke, fasilitas free air mineral. Hahaha semangat!!

      Hapus
  3. Hmm iya mas saya juga sebagai mantan pengguna alat transportasi pengen ada perubahan dalam hal fasilitas dan keadaan dari angkutan tersebut yang bisa menjamin aman dan tidak membahayakan penggunanya karena kebanyak pengendara angkutan umum pada lalai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kang Nurul Iman, saya juga sering pakai sarana angkutan umum, yang paling utama di cari itu rasa aman dan nyaman saat menggunakan alat transportasi, jangan sampai nyawa jadi taruhannya.

      Hapus
  4. transportasi kota dan desa, bentuknya berbeda, yang penting nyaman bagi pengguna. Entah mungkin karena tingkat stress perkotaan lebih tinggi, jadi tranportasinya diberi fasilitas yang nyaman dan menentramkan. Mungkin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Lidha Maul, bisa jadi begitu. tapi yang penting tetap keselamatan jiwa no 1 hehehe

      Hapus
  5. Panduan Bermain Gets The Worm Sbobet Online Yuk Gabung Disini aja.. Penuh Dengan Kejutan Bonus Berlimpah Setiap Hari!!!

    BalasHapus