Sabtu, 23 April 2016

Hari Bumi Tidak Hanya 22 April

sumber google

Jumat, 22 April 2016 diperingati sebagai Hari Bumi. Bukan hanya diperingati oleh masyarakat Indonesia saja tetapi seluruh negara dan warga masyarakat internasional.
Hari Bumi dicanangkan untuk menciptakan kesadaran, kepedulian atau awareness dan penghargaan kita terhadap planet yang kita tinggali ini yaitu bumi. 

Hari Bumi adalah hari pengamatan terhadap bumi yang di tetapkan setiap tanggal 22 April dan diperingati secara global.

Apakah kita harus memperingati Hari Bumi tanggal 22 April?

Menurut saya, kesadaran, kepedulian dan penghargaan terhadap bumi kita tercinta ini seharusnya jangan kita peringati setiap tanggal 22 April. Benar, mungkin tanggal 22 April telah di setting untuk waktu dimana diperingatinya Hari Bumi dan menjadi "alarm" bagi kita yang berdering di pagi hari setiap tanggal 22 April.

Akan tetapi, akan lebih bermakna lagi bila "alarm" tersebut terus berdering setiap pagi sepanjang hidup kita. Mulai dari kita mengawali hari itulah kita seharusnya memberikan kontribusi yang nyata bagi kelestarian bumi kita ini, setiap hari. 

Bagaimanakah cara untuk berkontribusi bagi kelestarian bumi?

Cukup mudah, pertama, bila kita bangun di pagi hari menghirup udara pagi yang bersih dan segar, bersyukurlah. Kedua, bila kita beraktifitas di siang hari, janganlah membuang sampah sembarangan sekecil apapun terutama ke sungai.

Ketiga, di sore hari, setelah dari beraktifitas, nikmati setiap detik terbenamnya mentari dan berucaplah,"indah bumi karya-Mu Tuhan." Keempat, di malam hari menjelang kita beristirahat, berdoalah:

Ini bumi-Mu dan bumi kami

Kami tak ingin merusaknya 

Kami ingin merawatnya, selayaknya Kau merawat kami

Kami ingin menjaganya untuk anak cucu kami

Kami ingin menjauhkannya dari otak-otak serakah

Kami ingin memuliakannya selayaknya Kau memuliakan kami

Ini bukan hanya untuk kami

Tetapi untuk setiap senti kehidupan yang Kau ciptakan

Hari Bumi ga akan berarti bila ga ada aksi. Kita mulai dari hal-hal kecil, lakukan secara konsisten dan pastinya kelak akan menimbulkan dampak yang positif bagi kehidupan kita dan bumi kita. Selamat Hari Bumi.
This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar