Senin, 11 April 2016

Cokroningrat Imperial Park untuk Yogyakarta


Menghadiri sebuah acara di hotel berbintang adalah hal baru bagi saya. Karena sebagai seorang mahasiswa yang jarang keluar kandang, hehehe membuat saya menjadi kudet akan info-info event. Akan tetapi, Jumat (11/3/16) yang lalu saya berkesempatan untuk hadir di Aston Hotel Yogyakarta diajak mbak Riant dalam acara "Gala Dinner Gathering Pre Launch Cokroningrat Imperial Park Hotel & Apartment Yogyakarta".

Acara yang dihadiri oleh lebih dari 100 undangan tersebut merupakan Gala Dinner yang pertama diadakan di Yogyakarta oleh pihak Cokroningrat Imperial Park.

Pada kesempatan itu saya juga dapat mengetahui apa itu Cokroningrat Imperial Park Hotel & Apartment dari presentasi yang disampaikan oleh CEO dan Founder Cokroningrat Imperial Park, Hengky Budi Priyanto.

Beliau mengatakan, proyek Hotel dan Apartment ini akan dibangun diatas tanah seluas 4.000 m² yang berlokasi di kawasan Jalan HOS Cokroaminoto No. 221, Yogyakarta.
 
Proyek siapa?

Cokroningrat Imperial Park Hotel & Apartment merupakan proyek dari Trazz Utama Karya Development Group, yang merupakan salah satu pengembang yang sedang mengembangkan Hotel & Apartment di Bali dan Yogyakarta.

Mengapa Yogyakarta?

Mungkin pertanyaan ini yang muncul dipikiran kita, Mengapa Yogyakarta? Karena Yogyakarta merupakan salah satu kota besar di Indonesia  dan merupakan tujuan wisata nomor dua setelah Bali.

Sehingga, Kota Yogyakarta masuk dalam radar Cokroningrat Imperial Park untuk mengembangkan bisnis properti dan diproyeksikan akan menjadi target investasi yang menjanjikan di Kota Pelajar ini kedepannya.

Investasi yang menjanjikan?

Ya, akan menjadi investasi yang menjanjikan pula, karena ada beberapa kelebihan yang dimiliki Cokroningrat Imperial Park.

Lokasi strategis di kawasan elit, akses ke universitas-universitas di Yogyakarta dekat (UGM, UNY, Janabadra, Stikes, Asmi). Akses ke RS mudah (Bethesda, Panti Rapih, Luira Husada, Sardjito, Dr. Yap, Asri Medical Center).

Pusat perbelanjaan juga dekat (JCM,Amplaz, Superindo,Mirota Godean, Lippo Mall). Selain itu, mengingat kota Yogyakarta yang menjadi  destinasi wisata kedua setelah Bali, Cokroningrat Imperial Park lokasinya dekat dengan tempat-tempat wisata yang ada di kota Yogyakarta (Malioboro, Tugu, Pasar Klithikan, Keraton, Monjali).






Standard Operating Procedure dan perijinan sudah fix belum?

Jika di terjemahkan bebas Standard Operasional Procedure yaitu prosedur atau tahap operasi standar (segala bentuk pedoman kegiatan baik administratif, teknis dan prosedural tata kerja instansi yang bersangkutan) atau singkatnya sesuai dengan aturan yang berlaku.

Nah, pada saat presentasi Pre Launch Cokroningrat Imperial Park, Pak Hengky selaku CEO menjelaskan bahwa dari awal beliau sudah melakukan tahapan terpenting sebelum membangun proyek Cokroningrat Imperial Park, yaitu perizinan.

Persiapan proyek tersebut sudah dilakukan tahun 2011 dan 2013 barulah diproses perizinannya. Bayangkan 2011 dan sekarang 2016, berarti 5 tahun sebelumnya sudah dipersiapkan, kurang matang apa coba.
Jadi SOP nya sudah fix, izinnya juga sudah ada tinggal eksekusinya, hehe.

Mengapa proyek tersebut tidak langsung dibangun di tahun 2013?

Meskipun segala bentuk perizinan sudah clear dan beres di tahun 2013 Cokroningrat Imperial Park belum bisa langsung di bangun, karena di Yogyakarta sendiri belum ada dasar hukum atau peraturan yang memuat aturan mengenai bangunan vertikal lebih dari 4 lantai.

Karena peraturan yang ada saat itu hanya peraturan yang memuat aturan bangunan vertikal sampai dengan 4 lantai. Maka dari itu terpaksalah harus ditunda terlebih dahulu proyeknya.

Barulah setelah ada Peraturan Wali kota (perwal) nomor 7/2015, perwal nomor 8/2015, dan perwal nomor 9/2015. Langkah Cokroningrat Imperial Park semakin mantap.


klik disini

Dengan keluarnya Peraturan Walikota tersebut pihak Cokroningrat Imperial Park menjadi semakin percaya diri untuk melanjutkan proyek Hotel & Apartment di kota Yogyakarta. Karena terkait perizinan, dasar hukum dan peraturannya sudah fix serta tidak menyalahi aturan selain itu sesuai dengan SOP yang ada.
 
Rencananya, pembangunan proyek Trazz Utama Karya Cokroningrat Imperial Park Hotel & Apartment akan dimulai setelah Launching Januari-Februari 2017 mendatang.
 

This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar