Selasa, 22 Maret 2016

Netizen Gathering MPR RI di Yogyakarta (Bagian 2)

Pada sesi yang kedua pukul 19.30-21.30 WIB, acara lebih santai dari pada sesi pertama. Sesi kedua ini dimulai setelah makan malam di Ruang Heritage yang terletak di seberang Eastparc Hotel. kali ini pembicaranya adalah Pak Ma’ruf Cahyono, Sekretaris Jenderal MPR RI. 
  
Ruang Heritage Eastparc Hotel Yogyakarta

Pembicara kali ini tidak kalah fenomenal dengan ketua MPR RI Bang Zulkifli yang menjadi pembicara di sesi pertama sebelumnya. Pak Ma’ruf Cahyono merupakan Sekretaris Jeneral MPR RI termuda Indonesia sepanjang sejarah yang dilantik bulan Februari lalu.

Beliau membawakan materi diskusi dengan santai dan menggunakan bahasa yang mudah dicerna. Beliau juga menyampaikan terima kasih dari Pak Zulkifli Hasan kepada para netizen dan awak media yang telah hadir dan sangat mengapresiasi acara “Netizen Jogja Ngobrol bareng MPR RI” serta berharap acara-acara seperti ini bisa terselenggara di kota-kota lain juga.

Pada sesi ini, pengetahuan saya semakin bertambah, karena saya baru tahu mengenai tugas setiap anggota MPR RI yang berjumlah 693 orang yang terdiri dari DPR dan DPD, yaitu:

Sesuai Pasal 5 UU Nomor 17 Tahun 2014 juncto UU Nomor 42 Tahun 2014 tentang  MPR, DPR, DPR dan DPRD (atau UU MD3). Secara umum tugas MPR adalah:
  1. Memasyarakatkan Ketetapan MPR (TAP MPR),
  2. Memasyarakatkan 4 Pilar MPR RI, 
  3. Melakukan kajian sistem ketatanegaraan, dan
  4. Menyerap aspirasi masyarakat.
Oleh sebab itu, dalam melaksanakan tugasnya dalam memasyarakatkan 4 Pilar tidak bisa sendiri. MPR RI menggandeng netizen dalam mensosialisasikan 4 Pilar tersebut. Bahkan netizen pun ditantang untuk menuangkan pikiran dalam tulisan dimana tuisan itu bisa diterima oleh semua kalangan.

Dalam diskusi kedua ini beliau juga berharap bahwa tulisan-tulisan dari blogger tersebut dikumpulkan dan dicetak. Dan cetakan tersebut dibagikan kepada setiap anggota MPR RI agar dapat dibaca.

Beliau megatakan bahwa tidak ingin ada miss-persepsi terhadap MPR antara MPR dulu dan sekarang, pentingnya merawat Indonesia dan menjaga 4 Pilar.

Sesi ketiga keesokan harinya Sabtu, 19 Maret 2016 pukul 09.00-11.00 disampaikan oleh Bapak TB. Soenmandjaja dengan tema "Menangkal Radikalisme dengan 4 Pilar."





Jika ada radikalisme yang timbul pada masyarakat, jangan salahkan agamanya, tapi salahkan individunya atau pemeluk agamanya. Dan penyebab radikalisme bisa saja karena masalah ekonomi bukan hanya ideologi.

Beliau menambahkan ada tiga faktor yang menyebabkan seseorang menjadi radikal. Tiga faktor tersebut adalah faktor keluarga, dimana bisa saja dahulu keluarga orang tersebut mengalami konflik yang membekas pada dirinya. Yang kedua adalah faktor pendidikan atau pengajaran. Sementara faktor yang terakhir adalah karena pilihan.


Acara Penutupan

Setelah sesi ketiga berakhir, acara  “Netizen Jogja Ngobrol bareng MPR RI” di Eastparc Hotel Jogja ditutup oleh Sekjen MPR RI Ma’ruf Cahyono.


Bersama Bp. TB. Soenmandjaja
Maka dari itu saya mengajak setiap kita mari jadikan Pancasila sebagai pandangan hidup berbangsa, UUD 1945 sebaagai konstitusi yang nyata, NKRI jiwa raga kita, dan Bhineka Tunggal Ika penyatu dalam keheterogenitasan kita. Untuk tercapainya moral, etika, dan kepribadian bernegara.







This entry was posted in

12 komentar:

  1. Haaiii, adeknya Rian yaaa (komen nggak nyambung)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo, iya Tante hehehehe :)

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. ini kisah nyata saya . . . .

      perkenalkan nama saya YUNI SARA, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

      Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

      saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren sundoko.dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
      Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada kiyai sundoko atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>SOLUSI MELUNASI HTANG KLIK DISINI<<<<<<<<<
      Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin

      Hapus
  2. Smoga nfgak dipanggil om... adiknya Rian ya?

    BalasHapus
  3. Smoga nfgak dipanggil om... adiknya Rian ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe inggih kakang, adik dari jauh..hehehe

      Hapus
    2. Hehe inggih kakang, adik dari jauh..hehehe

      Hapus
  4. Kenapa pada commen nya adiknya rian, aku emooohhhhhh wkakakakaka

    BalasHapus
  5. Kenapa pada commen nya adiknya rian, aku emooohhhhhh wkakakakaka

    BalasHapus